Info Terkini
Rabu, 29 Mei 2024
  • Website berisi tulisan-tulisan Agus S. Saefullah beserta para penulis lainnya
16 Desember 2023

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Guna Menciptakan Kota Cerdas dengan Energi Terbarukan dan Keberlanjutan

Sabtu, 16 Desember 2023 Kategori : Pendidikan dan Literasi / Qolamunetizen

Kota merupakan pusat berbagai aktivitas seperti ekonomi, Pendidikan, dan memberikan konsekuensi bahwa Sebagian besar Orang memilih untuk hidup di perkotaan. Namun, dengan menjadikan sebgai pusat aktivitas, tidak dipungkiri bahwa banyak orang yang berlomba – lomba untuk bisa menjalani kehidupan di perkotaan sehingga menambah permasalahan – permasalahan baru dan menyebabkan penurunan performa suatu kota.  Kota – kota diseluruh dunia khususnya di Indonesia sedang menghadapi tekanan dalam mengurangi emisi karbon, meningkatkan efisiensi energi dan menciptakan lingkungan yang berkelanjutan guna memberikan kenyamanan bagi penduduknya. Salah satu pendekatan paling menjanjikan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan pemanfaatan sumber daya alam untuk menciptakan kota cerdas dengan didukungnya oleh energi terbarukan.

Energi Terbarukan : Solusi untuk Kota Cerdas

Energi sebagai poin utama dari pada menciptakan kota yang cerdas, pemanfaatan sumber daya alam seperti tenaga surya, angin, air, dan biomassa yang ramah lingkungan dalam memenuhi kebutuhan energi yang ada diperkotaan. Dengan teknologi yang ada sekarang dan terus mengalami kemajuan, energi terbarukan menjadi lebih terjangkau dan dapat diintegrasikan ke dalam infrastruktur perkotaan. Sudah semestinya kota – kota yang ada di dunia terkhusus di Indonesia, memanfaatkan sumber daya alam ini guna menjadikan energi yang digunakan adalah energi ramah lingkungan. Di mana kebanyakan kita – kota sekarang menggunakan energi konvensional yang berbasis pada bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan.

Infrastruktur Energi Terbarukan di Kota

Pembangunan infrastruktur dalam menciptakan kota cerdas dapat dimulai dengan melibatkan instalasi panel surya pada suatu atap rumah dan Gedung, turbin angin di tempat terbuka dengan kaya sumber daya alam anginnya. Serta pembangkit Listrik tenaga air yang dapat dibangun di sepanjang aliran Sungai. Infrastruktur lainnya, yaitu seperti membangun SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dalam memenuhi kebutuhan kendaraan Listrik bebas emisi dan kebutuhan – kebutuhan energi lainnya. Dengan dukungan infrastruktur yang tepat, mampu mengandalkan sumber energi terbarukan dalam memenuhi kebutuhan Listrik, maupun transportasi.

Manfaat Bagi Lingkungan dan Masyarakat

Pemanfaatan sumber daya alam yang tepat, dapat menciptakan kota cerdas dengan energi terbarukan yang membawa manfaat besar bagi kehidupan. Seperti, penurunan emisi gas rumah kaca, polusi udara, penghematan energi, mampu menciptakan lapangan kerja baru di sektor tekonologi maupun energi terbarukan dan masih banyak pemanfaatan yang dapat dinikmati. Selain itu, konsep kota cerdas menawarkan lingkungan yang sehat dan kualitas hidup yang lebih baik bagi penduduknya.

Tantangan dan Solusi

Meskipun potensi energi terbarukan sangatlah besar dalam mengembangkan dan menciptakan suatu kota cerdas yang ramah lingkungan. Namun, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Perlunya Kerjasama antar Masyarakat, sektor swasta, dan pemerintah setempat adalah hal utama dalam membangun kota cerdas. Hal lainya adlah seperti Investasi awal yang besar, koordinasi infrastruktur yang kompleks, serta kebijakan yang mendukung dalam Pembangunan kota cerdas.

Masa Depan Kota Cerdas Adalah Kota Yang Mampu Memanfaatkan Energi Terbarukan

Pemanfaatan sumber daya alam untuk menciptakan kota cerdas dengan energi terbarukan dan keberlanjutan adalah Langkah penting dalam menjawab tantangan urbanisasi modern. Melalui inovasi teknologi, investasi yang tepat, dan kesadaran Masyarakat, kota – kota dapat menjadi tempat kecerdasan berkelanjutan. Memberikan manfaat jangka Panjang bagi lingkungan dan generasi mendatang. Dengan demikian pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana dan tepat adalah kunci menciptakan kota cerdas yang responsive, efisien dan bekelanjutan.

Penulis :
Azzam Mujahid Ar Rantisi. Universitas Airlangga, Fakultas Teknik Elektro, Semester 3, Tugas Mata Kuliah Teknologi Hijau.

Tulisan Lainnya

BUKU-BUKU

TULISAN AGUS S. SAEFULLAH
DAN KAWAN-KAWAN

Diterbitkan :
Hafidz Qur’an 4,5 tahun
“Tabarak seorang anak yang lahir pada tanggal 22 Februari 2003 dinyatakan lulus oleh penguji dari..
Diterbitkan :
Ulama Gila Baca
“Imam Nawawi dalam sehari mampu membaca 12 buku pelajaran di hadapan guru-gurunya” Kesaksian Abu Hasan..

Agenda Terdekat

Trik menjadi seorang penulis adalah menulis, lalu menulis dan terus menulis.

Galeri Pelatihan

Ahlan wa Sahlan

0 0 4 4 7 4
Total views : 10208
Salam Silaturahmi