Info Terkini
Rabu, 29 Mei 2024
  • Website berisi tulisan-tulisan Agus S. Saefullah beserta para penulis lainnya
14 Mei 2024

Mengenal Cuaca Secara Langsung Bersama BMKG di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan

Selasa, 14 Mei 2024 Kategori : Pendidikan dan Literasi / Qolamunetizen

Tangerang Selatan, pembelajaran tentang cuaca tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga melalui kegiatan pembelajaran langsung bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kerja sama antara madrasah dan BMKG ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa dalam memahami fenomena cuaca dan iklim.

Dalam kegiatan pembelajaran langsung ini, siswa-siswa MTsN 1 Kota Tangerang Selatan berkesempatan dikunjungi BMKG. Siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga terlibat secara langsung dalam pengamatan dan pengukuran unsur-unsur cuaca.

Pembelajaran langsung bersama BMKG ini sangat bermanfaat bagi siswa kami. Mereka dapat melihat secara nyata bagaimana alat-alat meteorologi bekerja dan memahami proses pengumpulan data cuaca,” ujar Ibu Hj. Eka Munawaroh, M.Ed, Waka Kurikulum di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan.

Siswa-siswi diajak untuk mengamati dan mengukur berbagai unsur cuaca, seperti suhu, kelembaban, angin, tekanan udara, dan curah hujan. Mereka juga mendapatkan penjelasan langsung dari petugas BMKG mengenai cara kerja alat-alat meteorologi dan interpretasi data cuaca.

“Kami sangat antusias. Kami bisa melihat secara langsung bagaimana alat-alat itu bekerja dan menggunakannya sendiri. Ini membuat kami lebih paham tentang cuaca dan iklim,” ungkap Andi, salah satu siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Tangerang Selatan.

Tidak hanya itu, siswa-siswa juga mendapatkan pemahaman tentang peran BMKG dalam memantau dan memprediksi cuaca, serta bagaimana informasi tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembelajaran langsung bersama BMKG, siswa-siswi MTsN 1 Kota Tangerang Selatan tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga pengalaman praktis yang dapat membantu mereka memahami fenomena cuaca secara lebih komprehensif. Kerja sama yang baik antara madrasah dan lembaga terkait diharapkan dapat terus berlanjut, sehingga siswa-siswi dapat memperoleh manfaat yang optimal dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam, khususnya terkait cuaca dan iklim.

MGMP IPS MTsN 1 Kota Tangerang Selatan
Rabu, 8 Mei 2024

 

Penulis : Suhardo – MTsN 1 Kota Tangerang Selatan

BUKU-BUKU

TULISAN AGUS S. SAEFULLAH
DAN KAWAN-KAWAN

Diterbitkan :
Hafidz Qur’an 4,5 tahun
“Tabarak seorang anak yang lahir pada tanggal 22 Februari 2003 dinyatakan lulus oleh penguji dari..
Diterbitkan :
Ulama Gila Baca
“Imam Nawawi dalam sehari mampu membaca 12 buku pelajaran di hadapan guru-gurunya” Kesaksian Abu Hasan..

Agenda Terdekat

Trik menjadi seorang penulis adalah menulis, lalu menulis dan terus menulis.

Galeri Pelatihan

Ahlan wa Sahlan

0 0 4 4 7 3
Total views : 10206
Salam Silaturahmi